Showing posts with label Resep Kue. Show all posts
Showing posts with label Resep Kue. Show all posts

Thursday, June 21, 2018

Cara membuat bubur sumsum

4:02:00 AM
Cara membuat bubur sumsum
Halo juragan.. Cara untuk membuat bubur sumsum ini terbilang sangat mudah dan bahannya pun juga gampang didapat.

Bahan bubur sumsum:
*200 gram tepung beras
saya menggunakan tepung beras merk rosebrand ukuran kecil.
*500 ml - santan cair
*1sendok teh - garam
*1sendok makan - pewarna hijau atau sesuai selera.
(kalau tidak suka warna gak usah dipakai juga gak apa)
*air panas.
*30 cm - daun pandan potong jadi dua.

Cara membuat bubur sumsum:
Ambil wadah, masukkan santan dan tepung beras (campurkan hingga larut dan berbentuk encer).

 Rebus air sebanyak 100ml bersama daun pandan, garam, pewarna, dan daun pandan.
setelah mendidih, masukkan santan yg sudah di campur dgn tepung beras tadi.
kemudian aduk terus sampai airnya habis.
Jadi deh bubur sumsumnya

Cara membuat bubur sumsum

 (jika air sudah kering dan ternyata bubur masih berasa tepungnya atau kurang matang, bisa ditambahkan air panas dan aduk sampai kalis).

Bahan kuah bubur sumsum:
*santan kental dari setengah buah kelapa.
*100 gram - gula putih (jika terlalu manis bisa dikurangi)
*100 gram - gula merah.
*1/2 sendok teh - garam.
*daun pandan.

Cara membuat kuah atau juruh bubur sumsum:
Rebus santan, gula putih, garam, gula merah dan daun pandan.
aduk terus sampai mendidih.
Atau tambahi irisan pisang biar lebih enak.

Cara membuat bubur sumsum

Cicipi.. Bubur sumsum siap dihidangkan..

Cara membuat bubur sumsum

Semoga artikel tentang Cara membuat bubur sumsum ini bermanfaat bagi kita semua..
Sabun Transparan ADEV Natural

Wednesday, August 2, 2017

Resep Iwel Iwel Beras Ketan Jawa Timur

4:32:00 AM
Resep iwel iwel beras ketan jawa timur
Hai para pecinta kuliner... jumpa lagi nich sama saya.. emak masak.
kali ini saya akan menuliskan resep jajanan khas kampung namanya kue iwel-iwel..
Iwel-iwel adalah kue tradisional yang berbahan dasar dari beras ketan  dan dibungkus dengan daun pisang.
Kue ini biasa dibuat hanya pada saat perayaan kelahiran bayi saja..
Biasanya dibuat pada acara pendak pasar (di jawa: 40 hari setelah kelahiran si jabang bayi).
Mari kita intip bagaimana cara pembuatannya dan bahannya

Bahan :
1kg beras ketan yang sudah digiling halus (lebih baik gunakan beras ketan yang utuh dan digiling sendiri daripada tepung kemasan yang sudah jadi di toko)
2 buah kelapa.
Parut memanjang (gunakan kelapa yang tidak terlalu muda dan jangan terlalu tua).
1/2 sdm garam.
1/4 gula kelapa sebagai isian(rajang kasar).
Daun pisang sebagai pembungkus.

Resep Iwel Iwel Beras Ketan Jawa Timur
Resep Iwel Iwel Beras Ketan Jawa Timur

Resep Iwel Iwel Beras Ketan Jawa Timur
Cara membuat : 
Siapkan wadah ember besar.
Masukkan tepung ketan dan parutan kelapa kedalam ember.
Jangan lupa juga masukkan garam ke dalamnya.
Aduk sampai rata. setelah itu, siapkan daun pisang yang sudah dibersihan.
Masukkan adonan sekitar dua sendok adonan kedalam daun, dan beri isian gula kelapa yang sudah di rajang (sesuai selera).
Tutup bungkusan daun menggunakan sapu ijuk yang sudah dipotong-potong.(cara membungkusnya suka-suka.
Kalo nggak bisa mrmbungkus kayak gambar, bungkus aja kayak membungkus botok).
Setelah semua adonan selesai dibungkus lalu kukus semua kue selama sekitar 30 menit/sampai daunnya layu.
Jadi deh kue iwel-iwelnya..
Baca juga: Cara membuat bubur sumsum
Resep Iwel Iwel Beras Ketan Jawa Timur
Resep Iwel Iwel Beras Ketan Jawa Timur

Kalau di kota kalian kira-kira apa yach namanya???
Rasanya yang gurih dan agak kenyal, dipadu dengan isi gula kelapa yang meleleh jadi menambah cita rasa dari kue ini.
Semoga resep iwel iwel beras ketan jawa timur ini bermanfaat bagi pembaca semua
Selamat mencoba dan sampai jumpa lain waktu... Sabun Transparan ADEV Natural

Monday, November 23, 2015

Resep membuat donat berbahan ubi

1:50:00 PM
Resep membuat donat berbahan ubi
Donat biasanya menggunakan kentang.
Tapi kali ini kita akan membuat donat berbahan ubi jalar dengan cara yang sangat mudah.
Buat ibu-ibu yang tidak bisa membuat kue sekalipun pasti busa membuat donat ini dan gak pake gagal.

Bahan-bahan donat ubi,
1 sendok makan fernipan
1 butir telur
250 gram tepung terigu
1 buah ubi jalar/kurang lebih 100 gram ubi jalar (kukus dan haluskan)
3 sendok makan mentega
2 sendok makan gula pasir

Resep membuat donat berbahan ubi
Baca Juga: Resep Kue PisangCara membuat donat ubi,
Campurkan semua bahan (tepung terigu, fernipan, gula, telur, ubi yang sudah dihancurkan, dan mentega).
Campurkan sampai halus.
Jika kurang halus, beri sedikit air.
Setelah itu diamkan (kira-kira 10 menit)
Selanjutnya, cetak adonan sesuai selera, lalu diamkan lagi sebentar.
Kemudian goreng dengan menggunakan api sedang hingga berwarna kuning keemasan.
Sajikan dengan toping sesuai selera anda.
Biasanya saya hanya menggunakan gula halus.

Semoga Resep membuat donat berbahan ubi ini bermanfaat bagi pembaca semua..
  Sabun Transparan ADEV Natural

Monday, November 16, 2015

Roti mantau dua warna

1:40:00 PM
Roti mantau dua warna
Mantau atau bakpau tanpa isi ini rasanya sedikit manis.
Bisa disajikan untuk sarapan dan makan siang maupun malam, sebagai pengganti nasi.

Bahan-bahan roti mantau:
500 gram tepung terigu.
1 bungkus (11 gram) ragi instan.
40 gram mentega putih.
100 gram gula pasir.
1/2 sendok teh baking powder.
250 ml air (tidak perlu panas/hangat).
1 sendok makan coklat bubuk.
Kertas roti, potong-potong.

Cara membuat Roti mantau dua warna:
Aduk tepung terigu, ragi dan mentega putih hingga rata.
Larutkan 75 gram gula pasir dan baking powder dalam air.
Masukkan kedalam tepung, aduk hingga rata.
Bagi adonan menjadi dua bagian.
Ambil satu bagian adonan, tambahkan sisa gula pasir dan cokelat bubuk.
Uleni (aduk *bhs. jawa) adonan putih dan cokelat secara terpisah hingga tidak melekat ditangan (kurang lebih 10 menit).
Baca Juga: Resep Donat UbiGiling adonan putih dengan gilingan mi denga ketebalan 1, hingga 7-8 kali supaya adonan kalis/padat dan tidak terbentuk gluten, sehingga roti lebih padat.
Lakukan hal yang sama untuk adonan coklat.
Gilas dengan penggilas masing-masing adonan (putih dan coklat) memanjang ukuran 15x30 cm.
Taruh adonan coklat diatas adonan putih, lalu gulung pada sisi yang panjang hingga padat.
potong adonan sepanjang 3 cm, alasi setiap potong adonan dengan kertas roti.
Panaskan dandang, bungkus tutupnya dengan serbet.
Kukus roti hingga masak (kurang lebih 25 menit), angkat dan sajikan selagi panas.

Semoga resep roti mantau dua warna ini bermanfaat bagi pembaca semua..
  Sabun Transparan ADEV Natural

Resep Kacang Hijau Warung Krian

1:34:00 PM
Bahan-bahan kolak kacang hijau:
1 butir kelapa tua yang sudah di parut(ambil santannya).
500 gram gula putih (cairkan dengan 1/2 liter air).
250 gram kacang hijau.
1 lembar daun pandan.
1 sendok teh paneli bubuk.
1 sendok teh garam.
1 liter air.
Baca Juga: Resep Donat UbiCara membuat kolak kacang hijau:
Rebus air hingga mendidih, masukkan daun pandan dan kacang hijau yang sudah dicuci, masak hingga kacang hijau empuk.
Setelah kacang hijau mulai empuk, masukkan santan, garam, dan gula yang sudah dicairkan.
Aduk sampai rata.
Setelah 10menit, masukkan paneli, aduk, tunggu sampai mendidih, kolak kacang hijau siap disajikan hangat-hangat.
Bisa juga ditaburi irisan roti tawar atau juga diberi es batu.

Kue pisang

1:29:00 PM
Bahan-bahan kue pisang:
Buah pisang 250 gram.
Tepung terigu 250 gram.
Minyak goreng 250 gram.
Gula pasir 250 gram.
Soda kue 1 sendak makan.
Baca Juga: Roti Mantau Dua WarnaCara membuat kue pisang:
Remas-remas pisang sampai halus dengan menggunakan tangan bersih.
Kemudan campur dengan tepung terigu, minyak goreng, gula pasir dan soda kue.
Mixer sampai merata.
kemudian siapkan cetakan, panasi cetakan, olesi mentega agar tidak lengker.
Tuangkan adonan ke dalam cetakan, setelah agak matang, balik adonan.
Dan jika sudah matang, angkat, tiriskan.

Keciput wijen yang empuk, gurih dan renyah

1:21:00 PM
Keciput wijen yang empuk, gurih dan renyah
Bahan-bahan kue keciput:
Tepung ketan 1/2kg.
Gula pasir 2ons.
Telur 2 buah.
Vanili bubuk 1 sendok teh.
Wijen 250 gram.
Minyak untuk menggoreng.

Keciput wijen yang empuk, gurih dan renyah
Keciput wijen yang empuk, gurih dan renyah
Baca Juga: Cara Agar Rempeyek Menjadi Lebih RenyahCara membuat kue keciput:
Mix tepung terigu, gula pasir, telur, vanili, setelah bercambur rata, beri air sedikit demi sedikit lalu uleni dengan tangan sampai bisa dibentuk.
Setelah itu, bentuk bulat-bulat sesuai selera.
Lalu beri taburan wijen.
Goreng dengan menggunakan minyak.
Sajikan.
Semoga resep Keciput wijen yang empuk, gurih dan renyah ini bermanfaat bagi pembaca semua..
  Sabun Transparan ADEV Natural

Wednesday, July 8, 2015

Carang mas

9:06:00 AM
Bahan carang mas:
150 gram gula merah.
1000 gram ubi jalar.
1000-1500 ml air untuk merendam, bubuhi 1 sendok teh garam.
Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat carang mas:
Siapkan nampan, alasi kertas roti.
Iris halus gula merah, sisihkan.
Kupas ubi, lalu serut tipis \ potong-potong halus memanjang.
Langsung rendam setiap hasil irisan ubi dalam air bergaram, agar ubi tidak bergetah.
Setelah seluru ubi selesai diserut \ diiris dan direndam air bergaram, tiriskan.
Siapkan wajan, sebaiknya wajan kecil supaya lebih praktis.
Panaskan kurang lebih 50 ml minyak goreng dalam wajan di atas api kecil. Masukkan kurang lebih 50 gram irisan ubi.
Baca Juga: Resep Cake TalasGoreng hingga hampir kering, masukkan kuang lebih setengah sendok makan gula merah, aduk-aduk hingga gula leleh merata dengan ubi goreng.
Angkat, cetak dengan sendok sayur sambil ditekan-ditekan.
Taruh di atas nampan, diamkan.
Lakukan hal yang sama untuk setiap bahan hingga selesai.
Jika minyak goreng berkurang (setelah 5-6 kali penggorengan), tambahkan minyak goreng secukupnya.

Carang mas

Monday, July 6, 2015

Resep Cake Talas

7:19:00 PM
Bahan-bahan cake talas:
100 gram talas kupas.
150 ml santan kental.
75 ml minyak jagung.
7 butir telur.
3 kuning telur.
200 gram gula pasir.
¼ sendok teh vanili.
1-2 sendok teh pewarna ungu.
200 gram tepung terigu.

Krim penutup cake talas:
200 gram talas, kukus, haluskan selagi panas.
750 ml santan dari 1 butir kelapa.
50 gram tepung hunkue.
100 gram gula pasir.
¼ sendok teh garam.
¼ sendok teh vanili.

Hiasan cake talas:
500 ml krim kocok (whipping krim).
Buah cherry (sesuai selera).

Cake talas

Cara membuat bolu cake talas:
Panaskan oven pada suhu 180 derajat.
Olesi cetakan ukuran 22x22x7cm dengan margarin, alasi kertas roti/minyak, sisihkan.
Kukus talas hingga masak, angkat, haluskan selagi panas.
Proses talas, santan dan minyak jagung dengan blender hingga licin dan rata, sisihkan.
Kocok telur, gula pasir, vanili hingga mengembang dan kental, masukkan pewarna, aduk.
Masukkan tepung terigu bergantian dengan adonan talas sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Tuang kedalam cetakan, ratakan.
Panggang dalam oven hingga masak (kira-kira 30 menit) angkat, dinginkan.
Baca Juga: Resep Carang MasCara menbuat krim penutup cake talas:
proses talas dan santan dalam blender hingga halus.
Tambahkan tepung hunkue, gula, garam, vanili, proses lagi.
Keluarkan adonan dari blender, masak diatas api kecil, sambil diaduk hingga mengental, angkat, dinginkan.
Belah kue jadi dua.
Oles potongannya dengan krim penutup.
Tumpuk kembali potongan kue jadi satu.
Tutup seluruh permukaan kue dengan whipping krim.
Hias dengan sisa krim dan buah ceri diatasnya.
Simpan dalam lemari es hingga padat.
Potong-potong.
Lalu sajikan.